Jenis Banjo yang Bisa Anda PilihBanjo adalah sebutan yang diterapkan pada variasi yang cukup luas pada instrumen yang sama. Lebih dari kebanyakan, jika tidak ada, alat musik petik lainnya, banjo telah diubah agar sesuai dengan gaya dan musisi yang berbeda. Ada banyak jenis Banjo, tetapi kami akan membahas arketipenya di sini.

Jenis Banjo yang Bisa Anda Pilih

classicbanjo – Saat membeli banyo pertama Anda, Anda tidak hanya harus memilih antara Open Back atau Resonator Banjos, tetapi Anda juga harus menentukan jumlah senar yang ingin Anda mainkan. Kemudian, jika Anda melihat beberapa model hybrid, Anda memiliki lebih banyak pilihan!

Di akhir artikel ini, Anda akan merasakan berbagai jenis banjo yang ditawarkan, jenis musik apa yang biasa ditemukan di masing-masing banjo, dan cara memilih jenis Banjo mana yang tepat untuk Anda!

Baca Juga : 7 Merk Banjo Elektrik Terbaik Tahun 2022

Berbagai Jenis Banjo

Jenis Banjo yang akan Anda mainkan bergantung pada beberapa faktor. Dua pembeda utama adalah open back vs resonator banjo dan jumlah senar yang Anda mainkan. Kami akan menyelami kedua faktor tersebut untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap permainan banyo Anda!

Banyo 4 Senar

Banjo 4 senar cenderung menjadi instrumen yang hidup, dan bagus untuk pemula karena kesederhanaannya. Banjo empat senar biasanya diklasifikasikan menjadi dua subkategori, plectrum, dan tenor.

Keuntungan sebenarnya dari empat senar adalah keserbagunaannya, karena dapat disetel seperti biola atau mandolin (EADG), seperti ukulele (GCEA), atau empat senar pertama gitar (EBGD).

Plektrum Banjo

Plectrum banjo mirip dengan banyo 5 senar kecuali fakta bahwa mereka tidak memiliki senar drone dan dimainkan menggunakan pick gitar, begitulah nama mereka. Plectrum banjo adalah pilihan populer bagi penggemar Dixieland.

Tenor Banjo

Tenor, sebaliknya, populer di kalangan musisi tradisional Irlandia dan memiliki skala yang lebih pendek. Ini dapat ditemukan dalam 17 atau 19 panjang leher fret.

Anda juga dapat melihat video di bawah ini, yang memberikan ikhtisar mendetail tentang berbagai jenis Banjo 4 senar.‚Äč

Banjo 5 senar

Banjo 5 senar modern baru-baru ini didorong ke dalam budaya musik arus utama dengan munculnya kembali musik bluegrass tetapi juga dapat bersinar di banyak genre lainnya. Meskipun ada satu string lagi yang harus dihadapi, ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk pemula karena banyaknya elemen pengajaran yang tersedia di situs seperti BanjoCompass .

Lima senar disusun dengan cara berikut: keempat, ketiga, kedua, pertama dan kelima. Senar kelima juga dikenal sebagai senar ibu jari dan menghasilkan suara dengung, juga dikenal sebagai senar ‘ganjil’ karena menempel di dekat titik tengah di leher. Tuning open-G (GBGBD) adalah yang paling umum dan biasanya bagus untuk pemula.

Banyo elektrik sudah mulai tampil di band-band yang tampil untuk banyak penonton, dan sebagian besar diproduksi dalam varietas 5 senar atau 6 senar saat ini.

Banyo Enam Senar

Senar 6 populer pada abad ke -19 . Saat ini, tersedia variasi hibrida yang dikenal sebagai banjo yang disetel gitar, juga disebut banjitar . Hal ini mulai muncul dalam musik mainstream bagi para pemain gitar yang menginginkan suara yang lebih khas.

Untuk musisi muda, ini berfungsi sebagai instrumen crossover hebat yang mempertahankan pesona pedesaan dari suara banjo.

Banjo 12 senar

Sejujurnya, Banjo 12 senar adalah instrumen yang sangat langka dan dimainkan persis seperti gitar 12 senar. Suara yang dihasilkannya ringan dan menyenangkan, tidak seperti apa pun yang pernah Anda dengar.

Banjo Hibrida

Variasi hibrida lain dari banjo modern juga menjadi populer untuk mengadaptasi instrumen ke genre dan konteks yang berbeda. Seperti yang telah kami sebutkan, Banjo 6 senar mirip dengan gitar, dan dalam beberapa kasus bahkan meminjam lehernya. Dalam variasi lain, profil gitar elektrik ditambahkan, dengan tetap mempertahankan badan drumhead dari banyo.

Variasi lain yang diterima di kalangan musisi modern adalah banjolele . Perpaduan antara Banjo dan Ukulele, dilengkapi dengan 4 senar, leher yang lebih pendek dan kepala yang diameternya lebih kecil. Bentuknya menyerupai banyo kecil, mudah dipelajari untuk pemula dan juga mudah dibawa-bawa. Musiknya sangat cocok untuk ansambel akustik yang lebih tenang.

Banjo dan Mandolin juga dicampur dengan cukup banyak kemeriahan, tetapi kedua instrumen ini masih memiliki pengikut tradisional yang jauh lebih besar daripada yang telah dikembangkan Banjolin sejauh ini!

Cara Memilih Banjo Pertama Anda

Sama seperti seorang pejuang memilih senjata pilihannya dengan sangat hati-hati, musisi juga harus berhati-hati saat memilih instrumennya. Lagipula kualitas akustik, dinamika dan desain banjo memiliki pengaruh yang jitu pada suara yang dihasilkan. Namun, dengan tips berikut ini, kami yakin, penyaringan instrumen awal dapat dilakukan.

5 Hal yang perlu diperhatikan saat Memilih Jenis Banjo apa yang tepat untuk Anda

  • 1. Langkah pertama menguji banjo adalah menguji pengaturan string. Mulailah dengan menekan setiap senar di sepanjang papan jari. Jika senar bersentuhan dengan mudah dengan fret tanpa menyebabkan tekanan berlebihan pada jari Anda, ini disebut aksi Banjo. Jika Anda tidak menyukai gaya yang diperlukan untuk menekan ke bawah, mungkin sudah saatnya beralih ke instrumen berikutnya.
  • 2. Selanjutnya, petik senarnya, pertama-tama satu per satu lalu bersama-sama. Dengarkan kualitas suara yang dihasilkan, tidak boleh ada gemerincing atau dengungan. Sambil memetik, biarkan suara berlama-lama untuk menilai kualitas ‘dering’ banjo.
  • 3. Periksa apakah nada dering ada atau tidak. Kehadiran dan jenis tone ring akan sangat mempengaruhi suara banjo Anda.
  • 4. Periksa apakah tuner dapat dioperasikan dengan lancar dan benar. Tuner pasak diarahkan lebih andal dari jenis pasak gesekan untuk menahan nada.
  • 5. Anda mungkin ingin melihat seberapa tersedia pelajaran untuk instrumen yang ingin Anda pilih. Artistworks memiliki kursus banjo 5 senar yang bagus, tetapi kami tidak tahu ada yang disetel ke banjitar atau banjo empat senar (walaupun saya yakin mereka ada!)
Previous post 7 Merk Banjo Elektrik Terbaik Tahun 2022
Next post Panduan Terbaik Untuk Mengatur Banjo Anda