Tips Memilih Banjo bagi Pemula

Tips Memilih Banjo bagi Pemula

Memang ada beberapa pilihan banjo yang bisa Anda temukan di pasaran saat ini. masalahnya, mana diantara berbagai macam tersebut yang sesuai dengan keinginan Anda. Bagi Anda yang sudah mahir atau terbiasa dengan instrumen ini, menentukan mana yang akan dibeli mungkin bukan jadi soal, namun bagaimana dengan mereka yang masih tergolong pemula dan ingin mempelajari memainkan alat musik ini? Nah berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli sebuah banjo

– Jumlah Senar
Banjo modern hadir dalam berbagai varian, termasuk halnya senar. Ada pilihan banjo dengan 4 senar, 5 senar hingga 6 senar yang bisa denga mudah Anda dapatkan di toko online maupun toko alat musik di kota Anda. Pilihlah instrumen ini berdasar jumlah senar yang terpasang dan mungkin paling cocok berdasar pada jenis musik yang akan dimainkan dan tingkat keahlian Anda dalam memainkan. Berikut ini beberapa bocorannya;
1. Banjo 4 senar (tenor) umumnya digunakan untuk musik jaz atau dixieland Irlandia. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dimainkan pada musik lain. Bisa dikatakan, banjo ini menjadi pilihan terbaik untuk pemula karena sifatnya yang sederhana.
2. Banjo 5 senar menjadi banjo terpopuler diantara jenis banjo lainnya. Identik dengan gaya lagu rakyat (bluegrass), banjo ini tetap memungkinkan untuk mayoritas musik lain. Banjo 5 senar memiliki senar kelima yang ganjil terpasang pada titik tengah neck sekaligus menjadi karakteristik alat musik asal Afrika tersebut. Karena mudah dimainkan dengan rentang nada yang lebih luas dibanding senar 4, banjo ini juga bisa menjadi pilihan para pemula yang memiliki dasar lebih kuat dalam bidang musik.
3. Banjo 6 senar (banjo gitar atau banjitar, guitjo) adalah gabungan dari body banjo dengan neck gitar. Menjadi banjo yang cukup jarang ditemukan dan diasanya hanya dimainkan gitaris pro, yang tetap menginginkan suara banjo namun tetap menggunakan posisi fret gitar. Dengan neck gitar tersebut, otomatis banjo ini menawarkan jangkauan nada terluas sekaligus menjadi banjo paling sulit untuk dimainkan. Selain itu banjo ini dimainkan dengan cara yang berbeda dari banjo lainnya.

Tips Memilih Banjo bagi Pemula– Bentuk Utama
Anda bisa memilih antara banjo terbuka atau banjo resonator. Sesuai namanya, banjo terbuka tidak memiliki bagian belakang pada bagian body sehingga memiliki bentuk menyerupai sebuah mangkuk yang terbalik. Sementara banjo resonator mempunyai bagian belakang di bagian body serta tambahan cincin kayu untuk memperkuat suara. Cara menentukannya, Anda bisa langsung coba memainkan kedua tipe banjo ini di toko dan memilih mana yang sesuai dengan selera Anda. Pemula, pada umumnya memilih banjo terbuka karena umumnya dijual dengan harga yang lebih murah. Selain itu banjo ini juga lebih ringan dan tenang sehingga nyaman digunakan belajar dan latihan. Banjo resonator memiliki suara lebih keras dan bulat. Ia juga memiliki bobot yang lebih berat, harga yang mahal namun lebih tahan lama. Maka dari itu, bila Anda sudah mahir dan ingin memainkan banjo dalam waktu lama, maka banjo resonator patut dipertimbangkan.

– Action dan Scale
Pilih banjo dengan action dan scale yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Action yaitu jarak senar dengan fingerboard, sedangkan scale yaitu total panjang senar dari baut sampai bridge. Action yang rendah memungkinkan Anda bermain lebih mudah, sebab bila action terlalu tinggi Andapun harus menekan senar lebih kuat hingga membuat mudah lelah dan stress. Scale banjo ada di kisaran 23-32 inci, pemula bisa memulai dari banjo berukuran 26 ΒΌ inci agar lebih mudah.

Tips Memilih Banjo bagi Pemula– Gaya Musik
Selain faktor yang terkait pada banjo di atas, pertimbangkan pula hal lain seperti gaya musik. Misalnya mempertimbangkan membeli banjo plektrum yang dapat dimainkan menggunakan pick khusus. Ada pula banjo dengan ring nada untuk semakin meningkatkan bunyi. Anda bisa bertanya kepada para pemain poker online di dekat Anda ataupun karyawan toko yang menjual banjo tersebut untuk membantu Anda menentukan banjo yang pas dengan gaya musik yang akan Anda mainkan.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli instrumen banjo. Sama halnya dengan produk alat musik pada umumnya, yang biasanya harga atau merek dapat menentukan kualitas. Namun akan lebih baik jika Anda mengetahui dahulu, banjo macam apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *